Home » Gaya Hidup » Tips Meningkatkan Sistem Imun Dan Atasi Lelah Saat Berpuasa

Tips Meningkatkan Sistem Imun Dan Atasi Lelah Saat Berpuasa

Bagi setiap muslim puasa ramadhan adalah kewajiban yang harus dijalankan bagi setiap muslim yang sudah baligh, berakal, sehat, tidak dalam keadaan safar, dan bagi wanita tidak dalam keadaan haid dan nifas. Bahkan, puasa ramadhan memiliki posisi penting dalam islam karena merupakan salah satu dari lima rukun islam.

Kewajiban menahan makan dan minum ketika berpuasa dimulai sejak terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Meskipun selama sebulan penuh harus menahan diri dari makan dan minum, kenyataannya berpuasa bisa memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh, asal dilakukan dengan benar.

Meskipun demikian, ternyata menjalankan ibadah puasa tidak semudah yang dibayangkan. Lazimnya, di awal puasa atau selama puasa Ramadhan, umumnya kebanyakan orang akan mengalami rasa lelah, lemas, mengantuk, sembelit, pusing, hingga dehidrasi, khususnya ketika tubuh mengalami kekurangan asupan nutrisi, vitamin dan mineral.

Perlu diketahui bahwa kekurangan nutrisi dapat menyebabkan melemahnya sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi yang dapat mengakibatkan tubuh terasa lelah, lemas, dan mengantuk seharian. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan membutuhkan asupan nutrisi seimbang serta cairan yang cukup.

Usahakan makanan dan minuman yang Anda konsumsi pada saat sahur dan buka puasa mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup. Misalnya buah dan sayuran, daging, ikan, susu, makanan yang mengandung karbohidrat, kaya serat, lemak, dan gula. Sebab, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa membantu melepaskan energi secara perlahan selama puasa berjam-jam.

Saat berpuasa, tubuh betul-betul membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin, salah satu vitamin yang penting untuk tubuh adalah vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat dan efektif untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, masalah kehamilan, hingga masalah kulit. Kadar vitamin C dapat menjadi penanda gizi yang ideal untuk kesehatan tubuh  Anda.

Berikut ini adalah fungsi dari vitamin C untuk tubuh Anda:

  • Melindungi sel tubuh dan menjaganya dalam keadaan tetap sehat
  • Sehubungan dengan produksi kolagen, vitamin C berguna untuk memelihara jaringan ikat yang penting dalam menjaga kekuatan organ tubuh seperti kulit, tulang, dan pembuluh darah.
  • Membantu penyembuhan luka
  • Meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi
  • Melindungi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, kimia beracun, dan polutan seperti asap rokok. Radikal bebas berpotensi meningkatkan risiko menderita kanker, penyakit jantung, dan arthritis.

Di sisi lain, suplemen zinc sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pertumbuhan tubuh dan menjaga kesehatan. Zinc merupakan sejenis logam yang berguna untuk membantu kerja sistem imun dan terbukti membantu mengurangi angka kematian akibat pneumonia dan diare, serta mencegah infeksi pernapasan. Kekurangan zinc sangat buruk bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penglihatan malam yang buruk, lamanya masa penyembuhan luka, penurunan indera perasa dan penciuman, serta berkurangnya kemampuan melawan infeksi menurun, dan perkembangan organ reproduksi yang buruk.

Mengingat pentingnya vitamin C dan zinc untuk menjaga sistem imun Anda, tentunya Anda tidak ingin kekurangan nutrisi tersebut saat berpuasa. Untuk mengatasinya, usahakan untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya,brokoli, hingga cabai. Sedangkan makanan yang banyak mengandung zinc adalah makanan kaya protein seperti daging, beragam boga bahari, dan kacang-kacangan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*