Home » Berita dan Informasi » Desain Kamar Tidur Anak

Desain Kamar Tidur Anak

Perlu diketahui bahwa mendesain kamar tidur anak tidak jauh berbeda dengan mendesain kamar utama. Bedanya, kamar tidur anak tidak terlalu rumit karena ukurannya tidak terlalu luas dan selera anak belum terlalu banyak.  Sebaiknya Anda mengajak anak-anak berdiskusi tentang desain kamar kesukaan mereka. Hal ini diharapkan akan menjadikan anak lebih merasa memiliki dan rajin menjaga kamar mereka sendiri agar tetap rapi.

Tata letak dan ukuran

Bila memiliki sepasang anak putra dan putri, tentu Anda perlu membuat dua kamar tidur. Anak laki-laki dan perempuan tentu memiliki selera ruangan yang berbeda. Namun soal ukuran ruangan bisa anda sesuaikan dengan luas rumah Anda.

Posisi dua kamar tidur anak bisa diletakkan berdekatan dengan kamar mandi diantaranya.  Fungsi kamar mandi ini sebagai kamar mandi luar. Sekaligus untuk kamar mandi bagi tamu yang menumpang.

Jangan lupakan sirkulasi udara yang rata dengan ukuran jendela yang sesuai. Bila salah satu kamar menghadap depan dengan jendela yang memadai sebagai fungsi ventilasi rumah, kamar di sisi lain tambahkan jendela yang menghadap ruang terbuka di belakang.  Sehingga kamar tetap sehat dan nyaman dengan mendapat udara dan pencahayaan alami matahari.

Memilih cat dan wallpaper

Untuk kamar anak laki-laki pilihan warna yang cocok dan menarik adalah warna-warna cerah seperti biru, hijau, atau kombinasi hitam-putih. Hal ini bisa membangun suasana tetap ceria dan semangat saat belajar dalam ruangan. Agar tampak lebih hidup, sebaiknya Anda menambahkan wallpaper di satu sisi dinding.

Untuk kamar anak perempuan, pilihan warna yang cocok adalah warna-warna cerah seperti merah muda, ungu muda, serta warna kuning. Menambahkan wallpaper dengan tema bunga atau karakter princess kesukaan anak bisa menjadi pertimbangan. Sebaiknya Anda mendiskusikannya dengan putri Anda.

Memilih perabot

Perabot utama untuk kamar anak adalah tempat tidur, almari dan meja belajar. Pilihkan ukuran yang sesuai dengan luas kamar tidur anak. Kamar tidur anak bisa berukuran kecil atau medium untuk tempat beristirahat anak Anda merasa nyaman.  Desain Pintu Geser bisa digunakan agar lebih praktis dan menambah keindahan kamar tidur anak.

Diskusikan pilihan meja belajar dan almari yang sesuai dengan selera anak. Misalkan dalam memilih gambar atau gambar yang sesuai dengan selera mereka.

Bila Anda memiliki dua anak laki-laki atau dua anak perempuan. Maka agar lebih hemat sebaiknya Anda menjadikan fungsi kamar tidur anak jadi satu. Anda juga bisa memilihkan tidur susun untuk menghemat tempat yang ada. Saat ini sudah banyak sekalai jenis dan ragam ranjang susun yang bisa Anda pilihkan.

Tempat tidur susun sudah biasa diaplikasikan dalam keluarga kecil. Selain bentuknya yang menarik, juga lebih menghemat tempat karena tinggal dimasukkan dalam kolong bila sudah tidak dipakai. Kelemahan kasur susun jenis ini ada pada gelindingan rodanya. Bila sudah lama dipakai, gelindingan mengeluarkan bunyi decit. Karenanya, pastikan gelindingan kasur bagian bawah selalu diberi pelumas.

Demikianlah saran dan ulasan kami tentang desain kamar tidur anak yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*