Home » Teknologi » Mitos Linux Bebas Dari Serangan Virus

Mitos Linux Bebas Dari Serangan Virus


Salah satu mitos linux yang paling sering kita dengar adalah linux terbebas dari virus. Terkadang mitos yang satu ini menjadi pertanyaan besar bagi para penggunannya, apakah benar keberadaan mitos tersebut. Untuk mengurangi rasa penasaran teman-teman sekalian, saya sudah menyediakan artikel yang akan sedikit menjelaskan mengenai mitos linux yang mengatakan bahwa linux bebas virus, penjelasan ini merupakan rangkuman dari beberapa referensi serta sumber yang saya dapatkan dari internet.

Sistem operasi linux lebih banyak digunakan sebagai sistem operasi server karena kamampuannnya sebagai low source serta sangat powerfull. Namun sekarang ini untuk kalangan seperti kita atau end user, linux juga sudah semakin mudah untuk digunakan. Berbagai macam aplikasi yang mendukung sudah sangat banyak sekali seperti mislanya aplikasi browsing, email, spreadsheet, editing dan lain sebagainya.

Namun bagi para pengguna masih ada beberapa hal yang membuatnya penasaran tentang kebenaran mengenai mitos linux yang menyebutkan linux terbebas dari linux. Yang perlu teman-teman ketahui, os linux tidak sepenuhnya aman atau terbebas dari virus loh. Seperti yang dilansir oleh Wikipedia, dimana menyebutkan bahwa sistem operasi linux pernah 2 kali terserang virus jenis Trojan dan 11 virus jenis  worm. Meskipun jumlahnya sangat sedikit dibandingkan virus yang menyerang windows, tetap saja linux tidak sepenuhnya terbebas dari serangan virus.

Banyak orang beranggapan bahwa kepopularan sistem operasi windows yang menjadi salah satu penyebab kenapa windows menjadi sasaran utama virus yang diciptakan para hacker. Bisa jadi jika suatu saat nanti linux mengalahankan kepopularan windows, maka para hacker lebih banyak menciptakan virus untuk menyerang linux. Seorang hacker tentu akan memilih sebuah produk yang lebih banyak digunakan bukan untuk bahan serangannya.

Untuk penggunaan linux sebagai server, kamu harus mewaspadai ancaman nyata terhadap linux yaitu berupa masuknya hacker ke sistem server linux kamu. terdapat dua jenis server yang sangat rentan terhadap serangan virus hacker yaitu mail server dan file server. Jadi meskipun kamu memakai sistem operasi linux yang terbilang cukup aman dari serangan virus, bukan berarti kamu tidak meningkatkan kewaspadaan.

Nah mungkin itu saja sedikit informasi mengenai mitos linux yang sering kita dengar. Cari tahulah terlebih dahulu kebenaran sebuah mitos sebelum kita mempercayainya. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang masih bingung terhadap kebenaran mitos linux yang bebas virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*